Saturday, October 27, 2012

39.Pengorganisasian Federasi Renang Internasional


Federasi Renang Internasional
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Fédération Internationale de Natation
Description: Fina.jpg
Logo FINA
Pembentukan
1908
Kantor pusat
Keanggotaan
197 negara
Situs web
Federasi Renang Internasional (Fédération Internationale de Natation, disingkat FINA) adalah induk organisasi internasional olahraga renang. Organisasi ini diakui oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC).[1] Selain renang, FINA juga merupakan induk organisasi internasional polo airselamrenang indah, dan renang perairan terbuka. Markas besar FINA berada di LausanneSwiss. Induk organisasi olahraga renang, renang perairan terbuka, selam, polo air, dan renang indah di setiap negara dan teritori berhak menjadi anggota FINA.
Selain mengadakan kejuaraan internasional dan regional, FINA berusaha memajukan olahraga renang di seluruh dunia, antara lain dengan menambah jumlah fasilitas olahraga renang. FINA bertugas membuat peraturan internasional untuk kejuaraan renang, renang perairan terbuka, selam, polo air, dan renang indah.[2]
Struktur organisasi
Anggota FINA bertemu dalam pertemuan reguler yang disebut Kongres. Kongres FINA terdiri dari Kongres Umum dan Kongres Teknis. Kongres Umum (General Congress) berwenang memutuskan semua persoalan di dalam FINA. Kongres Teknis (Technical Congress) memutuskan semua masalah teknis yang berkaitan dengan kejuaraan renang. Keputusan Kongres Teknis bisa dibatalkan oleh Kongres Umum.
Biro FINA yang beranggotakan 22 anggota dewan perwakilan bersidang untuk memilih pejabat eksekutif.[3] Selain itu, FINA juga memiliki berbagai komite dan komisi, seperti: Komisi Teknis Renang, Panel Antidoping, dan Komisi Kedokteran Olahraga.[4]
Ketua Umum
Nama
Negara
Masa jabatan
19361948 (*)
Javier Ostos Mora[5] (masa jabatan ke-2)
1988–sekarang
Anggota
Hingga Olimpiade Beijing 2008, FINA memiliki 196 anggota. Setiap anggota FINA juga menjadi salah satu dari 5 asosiasi renang regional.
Description: World Map FINA.svg
Catatan: Angka dalam kurung menunjukkan jumlah anggota FINA di benua tersebut, bukan jumlah anggota asosiasi renang regional.
Sejarah
FINA didirikan 19 Juli 1908 di Hotel ManchesterLondon bertepatan dengan berakhirnya Olimpiade London 1908. Pendirinya adalah induk organisasi renang dari BelgiaBritania RayaDenmarkFinlandiaPerancisJermanHongaria, dan Swedia.[6]
Perkembangan jumlah anggota[6]:
Kejuaraan
Kejuaraan Dunia FINA

Kejuaraan ini mempertandingkan 5 cabang olahraga air: selam, renang, renang perairan terbuka, renang indah, dan polo air. Kolam yang dipakai untuk pertandingan adalah kolam renang dengan panjang lintasan 50 m.
Kejuaraan Dunia Renang FINA (25 m)
Kejuaraan Dunia FINA khusus renang di kolam renang lintasan pendek 25 m. Kejuaraan ini diadakan setiap dua tahun sekali pada tahun genap.
Kejuaraan lain
Kejuaraan tahunan
Referensi
ainur rozikin smkn 1 baureno
  1. ^ "International Sports Federations". The International Olympic Committee. Diakses pada 7 Februari 2009.
  2. ^ "FINA Constitution". FINA. Diakses pada 7 Februari 2009.
  3. ^ "Directory Bureau". FINA. Diakses pada 7 Februari 2009.
  4. ^ "Commissions & Committees". FINA. Diakses pada 7 Februari 2009.
  5. ^ a b FINA Honorary Life President Lic. Javier Ostos Mora passes away at 92. Diakses pada 10 November 2008.
  6. ^ a b "National Federations". Diakses pada 7 Februari 2009.
Pranala luar
Organisasi olahraga internasional

No comments:

Post a Comment