Friday, May 3, 2013

19. Organisasi dan metode Kerja Sama Internasional Maupun Regional


Mungkin ada di antara kalian yang diberikan tugas oleh guru kalian maupun untuk persentasi tentang “Organisasi Kerja Sama Regional maupun Internasional”. Mungkin dengan postingan ini saya dapat membantu kalian,

European Economic Community (EEC)
Lambang EEC.
                EEC lebih di kenal dengan istilah (Masyarakat Ekonomi Eropa ). Disingkat MEE.
MEE merupakan organisasi negara – negara Eropa yang didirikan pada tanggal 1 Januari 1958 berdasarkan Penjanjian Roma, Italia. Adapun negara – negara yang menjadi anggota MEE adalah: 
Belanda
Belgia
Denmark
Inggris
Irlandia
Jerman
Luxemburg
Prancis
Yunani
Italia
Tujuan EEC atau MEE adalah menyusun politik perdagangan bersama dan mendirikan daerah perdagangan bebas antarnegara anggota Eropa Barat. MEE juga menjalin kerja sama di bidang perdagangan dengan negara – negara ASEAN.

Asean Free Trade Area ( AFTA )
                AFTA dibentuk pada waktu Konferensi Tingkat Tinggi ( KTT ) ASEAN ke IV di Singapura tahun 1992. Organisasi perdagangan bebas kawasan ASEAN ini sepakat untuk menurunkan tarif dan menghapus  hambatan nonaktif dalam perdagangan yang dimulai tahun 2002.
                AFTA bertujuan meningkatkan data saing ekonomi negara – negara ASEAN dengan menjadikan ASEAN sebagai basis produksi pasar dunia, untuk menarik investasi dan meningkatkan perdagangan antar anggota ASEAN.

Asian Pasific Economic Cooperation ( APEC )
                APEC dibentuk di canbera, Australia pada tahun 1989. APEC merupakan kerja sama ekonomi negara – negara di kawasan Asia Pasifik. Saat ini jumlah anggota APEC sudah mencapai 21 negara yang di antaranya sebagai berikut.
1.       Dari Benua Amerika adalah : Amerika Serikat, Kanada, Meksiko dan Chili.
2.       Dari Benua Asia adalah : China, Jepang, Korea Selatan, Hongkokng, Taiwan, dan Rusia
3.       Dari Benua Australia adalah : Australia, Selandia Baru.
4.       Dari Melanesia adalah : Papua Nugini.
5.       Dari Asean ( Association of South East Asian Nation ) adalah : Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, dan Vietnam.
Tujuan APEC adalah membentuk kerja smaa perdagangan, investasi, pariwisata, dan peningkatan sumber daya manusia yang saling menguntungkan. APEC ingin membentuk perdagangan bebas di kawasan Asia Pasifik.
Sumber : Buku IPS Kelas 9 ( Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional )

No comments:

Post a Comment