Friday, May 3, 2013

34. PENGORGANISASIAN DAN MANAJEMAN PADA PERUSAHAAN SAMSUNG



Profil Perusahaan Samsung

Sebelum tahun 1997, Samsung lebih dikenal dengan reputasinya sebagai perusahan pembuat peralatan elektronik dengan produk- produk low-end. Perusahaan tersebut hanya dikenal sebagai imitator, bukan innovator karena memang tidak melakukan inosai-inovasi produk pada saat itu. Produk-produk kompetitif berdasar pada low cost yang direfleksikan dengan tenaga kerja yang murah. Samsung belum mempunyai brand value dan belum memiliki pasar internasional. Strategi yang dilakukannya pada saat itu adalah cost/ priceleadership.Samsung berfokus pada pasar-pasar tertentu, ia memilih fokus pada pasar dengan permintaan terbesar, pasar Amerika yang perkembangannya tinggi, juga pada pasar yang pertumbuhannya cepat, yaitu China.Samsung kemudian berkembang menjadi perusahaan berskala internasional. Dimulai dari menyewa staf yang berpendidikanAmerika atau berpengalaman secara signifikan di USA. Tiga warga yang bukan berasal dari Korea Selatan menjadi anggota komisidirektur. Warga asing memiliki 60% saham dari grup. Perusahaan sekarang menghasilkan 70% dari pendapatannya di luar KoreaSelatan, manufaktur di 14 negara, termasuk China dan Meksiko.Samsung juga mengadakan partnership dengan American. Pada awal tahun 1997, Samsung hampir tidak berbisnis mobile phones di luar Korea Selatan, tapi kemudian setelah mengadakan partnership, Samsung memperoleh pesanan 1.8 juta handsets senilai$600 juta dari Sprint PCS Group. Reputasi Samsung sekarang adalah high-end mobile handsets dan berkembang sebagai supplier padaindustri ini.Setelah mengadakan partnership dengan beberapa perusahaan ternama seperti Best Buy, Radio Shack, dan Circuit City,Samsunglebih sukses dari tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2001 Samsung menjual produk-produk senilai $500, dan menargetkan penjualan $1 miliyar di tahun 2002. penjualan terbaiknya adalah DVD/VCR player dan mobile phone dan juga PDA.

Salah satu kunci sukses Samsung terletak pada desain. Teknologi dan desain pada Samsung sangat baik. Samsung memiliki300 desainer bertalenta di Seoul dan empat kamtor desain di USA, Eropa, dan Jepang.Penekanan produknya adalah pada gaya, best practice, simple, dan respon yang cepat pada perubahan-perubahan pasar.

Strength (kekuatan)
* Samsung memiliki brand-image yang melekat di masyarakat.
* Samsung telah memprakarsai Era Digital.
* Samsung menawarkan produk-produk yang berkualitas.
* Samsung senantiasa melakukan inovasi-inovasi pada perkembangan produknya
* Teknologi yang diciptakannya mengikuti perkembangan jaman.
* Desain produk-produk Samsung sangat baik dan diunggulkan.
* Harga produk-produk Samsung bervariasi dan rata-rata terjangkau
* Adanya diversifikasi produk
* Samsung merupakan supplier high-end mobile handsets.
* Samsung merupakan pemegang pangsa pasar global terbesar untuk tiga belas item di antara produk Samsung, termasuk semikonduktor, TFT-LCD, monitor dan ponsel CDMA.
* Pada tahun 2008 Samsung menduduki posisi pertama dalam pasar ponsel AS, Menduduki posisi No.1 pangsa pasar TV duniaselama sembilan kali secara berturut-turut,
* Dengan pandangan ke depan, Samsung telah membuat kemajuan bersejarah di bidang RnD lini semikonduktor, termasuk flashmemori dan non-memori, semikonduktor khusus pesanan, DRAM dan SRAM, dan juga memproduksi LCD yang terbaik dikelasnya, telepon seluler, peralatan digital, dan lebih banyak lagi.
* Samsung mengadakan partnership dengan Amerika dan perusahaan-perusahaan ternama.

Weakness (Kelemahan)
* Budaya Korea yang lebih menekankan hirerki yang dapat menghambat ide-ide kreatif atau pendapat yang berbeda.
* Budaya korporasi Korea yang tidak fleksibel.
* Pengalaman dalam mengelola perusahaan global masih terbatas.
* Adanya tekanan yang ketat pada karyawan untuk mencapai sasaran-sasaran yang membuat karyawan berusaha menjualteknologi rahasia Samsung kepada para pesaingnya.


Opportunity (Kesempatan)
* Produk-produk yang ditawarkan Samsung merupakan produk keperluan rumah tangga yang selalu dicari.
* Adanya peningkatan permintaan masyarakat akan barang-barang elektronik yang sudah merupakan suatu kebutuhan.
* Tingkat gengsi pada masyarakat yang selalu ingin memiliki produk elektronik terbaru dan tercanggih.
* Pengaruh globalisasi yang mendorong pemasaran barang elektronik yang tiada batas.
* Permintaan masyarakat pada produk-produk yang gaya, best practice, simple, dan respon yang cepat pada perubahan- perubahan pasar.

Threat (Ancaman)
* Adanya ketergantungan produk-produk lokal pada negara tertentu sehingga pasar sulit ditembus.
* Kekuatan merek lain yang lebih dahulu mengusai pasar.
* Munculnya produk-produk baru yang lebih inovatif dari perusahaan lain.
* Adanya produk-produk dari perusahaan lain yang menawarkan harga yang lebih murah dengan kualias yang tidak kalah bagus.
* Ketidakstabilan perekonomian tiap-tiap negara.
* Terjadinya krisis financial menyebabkan turunnya daya beli masyarakat.
* Era globalisasi yang dapat mendorong perusahaan Eropa masuk dan melakukan penetrasi pasar Asia.



Perubahan Samsung yg sangat canggih
            Tahun 2012 hampir tutup usia, saatnya menyongsong datangnya tahun 2013 yang nampaknya bakal dipenuhi oleh banyak kejutan oleh vendor smartphone.

Jika 2011 adalah tahun dimana ponsel dual core mulai lahir, dan tahun 2012 ini jamannya ponsel quad core, maka bukan tidak mungkin tahun 2013 nanti akan menjadi masa dimana prosesor 8 core (octa core) mulai berkembang.

Untuk itu, marilah kita simak beberapa smartphone monster yang diperkirakan bakal muncul tahun 2013, ini dia:

Samsung Galaxy S IV
smartphone monster 2013, ponsel paling canggih 2013, handphone tercanggih tahun 2013, gambar hape keren dan canggih

Setiap tahun, Samsung selalu menghadirkan pembaharuan Galaxy S, smartphone yang paling dijagokannya. Tahun 2013, hampir dapat dipastikan mereka mendatangkan Galaxy S IV.

S IV yang menjadi penerus Galaxy S III dirumorkan memakai teknologi layar Amoled full HD. Resolusinya menjanjikan tampilan gambar yang sangat jernih, 1920 x 1080 pixel.

Konon, Galaxy S IV akan ditenagai oleh sepasang prosesor Cortex-A15 dan Cortex-A7 yang masing-masing prosesornya telah mengusung 4 core di dalamnya.

Namun jangan salah mengira, sebab Samsung bukannya menggunakan dua buah CPU, melainkan menggabungkan kedua prosesor tersebut dalam satu chip atau biasa diistilahkan SoC. Meski digabung dalam satu chip, kedua prosesor yang disematkan sebenarnya bekerja sendiri-sendiri sehingga belum dapat disebut sebagai prosesor 8 core.

visi dan misi
1. Visi PT. samsung
       a. Perlakuan adil terhadap tenaga kerja, pelestarian lingkungan yang proaktif dan keterlibata langsung                    dalam komunitas perusahaan.
       b. Memadukan etika yang baik ke dalam semua aspek perusahaan, termasuk manajemen SDM, desain                produk, persyaratan pemasok dan program penjangkauan komunitas konsumen.
      c.  Membantu membangun dunia lebih bersih, aman dan mencerdaskan seluruh aspek social dalam                        komuniti yang lebih luas dan mendunia
Misi Perusahaan
    Salah satu misi samsung adalah menjadi penyedia produk-produk consumer electronic berbasis jejaring yang mendunia dan terdepan. Dan memantapkan Samsung sebagai merek yang paling menarik dan inovatif dalam industry elektronik . kegiatan operasionalnya adalah untuk memperoleh keuntungan maksimum dari penjualan-penjualannya dan sebagai perusahaan yang alat-alat elektroniknya digunakan oleh masyarakat umum.


Tujuan Perusahaan  Tujuan kami adalah mengembangkan teknologi yang inovatif dan proses efisien yang menciptakan pasar baru, memperkaya hidup semua orang, dan terus menjadikan Samsung sebagai pemimpin digital yang terpercaya.

Kesimpulan

Samsung didukung oleh fitur-fitur yang sangat canggih dan banyak disukai orang yang berbisnis,bos-bos besar dan kalangan lainnya bukan itu saja Samsung juga Resolusinya menjanjikan tampilan gambar yang sangat jernih, 1920 x 1080 pixel. DLL

No comments:

Post a Comment