Friday, June 14, 2013

44. Pengertian Organisasi Dan Pengetahuan Berorganisasi

Pengertian Organisasi adalah tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya, sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi. Secara garis besar dapat dipahami bahwa organisasi merupakan tempat dimana semua anggotanya bekerja sama dalam mencapai tujuan organisasi tersebut.

Kita dapat merujuk kepada pendapat-pendapat para ahli tentang pengertian organisasi. Semakin banyak referensi yang kita miliki akan semakin kaya pula pemahaman kita tentang pengertian organisasi. Stoner mengatakan bahwa organisasi merupakan suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama. Sedangkan menurut Stephen P. Robbins menyatakan bahwa “Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.” Adapun pengertian organisasi dari pendapat beberapa ahli lain, namun keseluruhannya mengemukakan hal yang serupa.



Kita dapat memahami bahwa organisasi terbentuk karena adanya dorongan mencapai tujuan bersama, persamaan tujuan tersebut menyatukan beberapa individu ke dalam suatu kelompok dimana mereka akan bekerja sama untuk mencapai tujuan mereka. Kita dapat menyimpulkan juga bahwa elemen-elemen organisasi meliputi anggota, struktur organisasi, aturan, dan tujuan bersama. Untuk dapat menjadi organisator yang baik kita harus memahami pengertian organisasi dan memahami tujuan organisasi tersebut.

Organisasi pun menjadi wadah yang konkrit bagi kita untuk mengaplikasikan semua ilmu yang kita miliki. Dalam berorganisasi kita dapat merasakan bagaimana kehidupan bermasyarakat yang sebenarnya. Merasakan dengan nyata bahwa dalam mengatur organisasi dan kehidupan sosial merupakan ciri kita sebagai manusia yang beradab.

Dari berbagai sumber. (dsn)




pengertian organisasi, makalah organisasi, organisasi, gambar organisasi, makalah pengertian organisasi, filosofi organisasi, pengertian filosofi, artikel pengertian organisasi, prngertian organisasi, pengertian berorganisasi

No comments:

Post a Comment