Profil Perusahaan Samsung
Sebelum tahun 1997, Samsung lebih dikenal dengan
reputasinya sebagai perusahan pembuat peralatan elektronik dengan
produk- produk low-end. Perusahaan tersebut hanya dikenal sebagai
imitator, bukan innovator karena memang tidak melakukan inosai-inovasi produk
pada saat itu. Produk-produk kompetitif berdasar pada low cost yang
direfleksikan dengan tenaga kerja yang murah. Samsung belum mempunyai
brand value dan belum memiliki pasar internasional. Strategi yang dilakukannya
pada saat itu adalah cost/ priceleadership.Samsung berfokus pada pasar-pasar
tertentu, ia memilih fokus pada pasar dengan permintaan terbesar, pasar Amerika
yang perkembangannya tinggi, juga pada pasar yang pertumbuhannya cepat,
yaitu China.Samsung kemudian berkembang menjadi perusahaan berskala
internasional. Dimulai dari menyewa staf yang berpendidikanAmerika atau
berpengalaman secara signifikan di USA. Tiga warga yang bukan berasal dari
Korea Selatan menjadi anggota komisidirektur. Warga asing memiliki 60% saham
dari grup. Perusahaan sekarang menghasilkan 70% dari pendapatannya di luar
KoreaSelatan, manufaktur di 14 negara, termasuk China dan Meksiko.Samsung juga
mengadakan partnership dengan American. Pada awal tahun 1997, Samsung hampir
tidak berbisnis mobile phones di luar Korea Selatan, tapi kemudian setelah
mengadakan partnership, Samsung memperoleh pesanan 1.8 juta handsets
senilai$600 juta dari Sprint PCS Group. Reputasi Samsung sekarang adalah
high-end mobile handsets dan berkembang sebagai supplier padaindustri ini.Setelah mengadakan
partnership dengan beberapa perusahaan ternama seperti Best Buy, Radio Shack,
dan Circuit City,Samsunglebih sukses dari tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun
2001 Samsung menjual produk-produk senilai $500, dan menargetkan penjualan
$1 miliyar di tahun 2002. penjualan terbaiknya adalah DVD/VCR player dan mobile
phone dan juga PDA.
Salah satu kunci sukses Samsung terletak pada desain.
Teknologi dan desain pada Samsung sangat baik. Samsung memiliki300 desainer
bertalenta di Seoul dan empat kamtor desain di USA, Eropa, dan Jepang.Penekanan
produknya adalah pada gaya, best practice, simple, dan respon yang cepat
pada perubahan-perubahan pasar.
Strength (kekuatan)
* Samsung memiliki brand-image yang melekat di
masyarakat.
* Samsung telah memprakarsai Era Digital.
* Samsung menawarkan produk-produk yang berkualitas.
* Samsung senantiasa melakukan inovasi-inovasi pada
perkembangan produknya
* Teknologi yang diciptakannya mengikuti perkembangan
jaman.
* Desain produk-produk Samsung sangat baik dan
diunggulkan.
* Harga produk-produk Samsung bervariasi
dan rata-rata terjangkau
* Adanya diversifikasi produk
* Samsung merupakan supplier high-end mobile handsets.
* Samsung merupakan pemegang pangsa pasar
global terbesar untuk tiga belas item di antara produk Samsung,
termasuk semikonduktor, TFT-LCD, monitor dan ponsel CDMA.
* Pada tahun 2008 Samsung menduduki posisi
pertama dalam pasar ponsel AS, Menduduki posisi No.1 pangsa pasar TV
duniaselama sembilan kali secara berturut-turut,
* Dengan pandangan ke depan, Samsung telah
membuat kemajuan bersejarah di bidang RnD lini semikonduktor, termasuk
flashmemori dan non-memori, semikonduktor khusus pesanan, DRAM dan SRAM, dan
juga memproduksi LCD yang terbaik dikelasnya, telepon seluler, peralatan
digital, dan lebih banyak lagi.
* Samsung mengadakan partnership dengan
Amerika dan perusahaan-perusahaan ternama.
Weakness (Kelemahan)
* Budaya Korea yang lebih menekankan
hirerki yang dapat menghambat ide-ide kreatif atau pendapat yang berbeda.
* Budaya korporasi Korea yang tidak fleksibel.
* Pengalaman dalam mengelola perusahaan global masih
terbatas.
* Adanya tekanan yang ketat pada karyawan
untuk mencapai sasaran-sasaran yang membuat karyawan berusaha menjualteknologi
rahasia Samsung kepada para pesaingnya.
Opportunity (Kesempatan)
* Produk-produk yang ditawarkan Samsung
merupakan produk keperluan rumah tangga yang selalu dicari.
* Adanya peningkatan permintaan masyarakat
akan barang-barang elektronik yang sudah merupakan suatu kebutuhan.
* Tingkat gengsi pada masyarakat yang
selalu ingin memiliki produk elektronik terbaru dan tercanggih.
* Pengaruh globalisasi yang mendorong
pemasaran barang elektronik yang tiada batas.
* Permintaan masyarakat pada produk-produk
yang gaya, best practice, simple, dan respon yang cepat pada perubahan- perubahan
pasar.
Threat (Ancaman)
* Adanya ketergantungan produk-produk lokal
pada negara tertentu sehingga pasar sulit ditembus.
* Kekuatan merek lain yang lebih dahulu mengusai pasar.
* Munculnya produk-produk baru yang lebih inovatif dari
perusahaan lain.
* Adanya produk-produk dari perusahaan lain
yang menawarkan harga yang lebih murah dengan kualias yang tidak kalah bagus.
* Ketidakstabilan perekonomian tiap-tiap negara.
* Terjadinya krisis financial menyebabkan turunnya daya
beli masyarakat.
* Era globalisasi yang dapat mendorong
perusahaan Eropa masuk dan melakukan penetrasi pasar Asia.
Perubahan Samsung yg
sangat canggih
Tahun 2012 hampir tutup usia, saatnya menyongsong datangnya
tahun 2013 yang nampaknya bakal dipenuhi oleh banyak kejutan oleh vendor
smartphone.
Jika 2011 adalah tahun dimana ponsel dual core mulai lahir, dan tahun 2012 ini jamannya ponsel quad core, maka bukan tidak mungkin tahun 2013 nanti akan menjadi masa dimana prosesor 8 core (octa core) mulai berkembang.
Untuk itu, marilah kita simak beberapa smartphone monster yang diperkirakan bakal muncul tahun 2013, ini dia:
Samsung Galaxy S IV
Setiap tahun, Samsung selalu menghadirkan pembaharuan Galaxy S, smartphone yang paling dijagokannya. Tahun 2013, hampir dapat dipastikan mereka mendatangkan Galaxy S IV.
S IV yang menjadi penerus Galaxy S III dirumorkan memakai teknologi layar Amoled full HD. Resolusinya menjanjikan tampilan gambar yang sangat jernih, 1920 x 1080 pixel.
Konon, Galaxy S IV akan ditenagai oleh sepasang prosesor Cortex-A15 dan Cortex-A7 yang masing-masing prosesornya telah mengusung 4 core di dalamnya.
Namun jangan salah mengira, sebab Samsung bukannya menggunakan dua buah CPU, melainkan menggabungkan kedua prosesor tersebut dalam satu chip atau biasa diistilahkan SoC. Meski digabung dalam satu chip, kedua prosesor yang disematkan sebenarnya bekerja sendiri-sendiri sehingga belum dapat disebut sebagai prosesor 8 core.
visi dan misi
Jika 2011 adalah tahun dimana ponsel dual core mulai lahir, dan tahun 2012 ini jamannya ponsel quad core, maka bukan tidak mungkin tahun 2013 nanti akan menjadi masa dimana prosesor 8 core (octa core) mulai berkembang.
Untuk itu, marilah kita simak beberapa smartphone monster yang diperkirakan bakal muncul tahun 2013, ini dia:
Samsung Galaxy S IV
Setiap tahun, Samsung selalu menghadirkan pembaharuan Galaxy S, smartphone yang paling dijagokannya. Tahun 2013, hampir dapat dipastikan mereka mendatangkan Galaxy S IV.
S IV yang menjadi penerus Galaxy S III dirumorkan memakai teknologi layar Amoled full HD. Resolusinya menjanjikan tampilan gambar yang sangat jernih, 1920 x 1080 pixel.
Konon, Galaxy S IV akan ditenagai oleh sepasang prosesor Cortex-A15 dan Cortex-A7 yang masing-masing prosesornya telah mengusung 4 core di dalamnya.
Namun jangan salah mengira, sebab Samsung bukannya menggunakan dua buah CPU, melainkan menggabungkan kedua prosesor tersebut dalam satu chip atau biasa diistilahkan SoC. Meski digabung dalam satu chip, kedua prosesor yang disematkan sebenarnya bekerja sendiri-sendiri sehingga belum dapat disebut sebagai prosesor 8 core.
visi dan misi
1. Visi PT. samsung
a. Perlakuan adil
terhadap tenaga kerja, pelestarian lingkungan yang proaktif dan keterlibata
langsung
dalam komunitas perusahaan.
b. Memadukan etika yang baik ke dalam semua aspek perusahaan, termasuk manajemen SDM, desain produk, persyaratan pemasok dan program penjangkauan komunitas konsumen.
c. Membantu membangun dunia lebih bersih, aman dan mencerdaskan seluruh aspek social dalam komuniti yang lebih luas dan mendunia
b. Memadukan etika yang baik ke dalam semua aspek perusahaan, termasuk manajemen SDM, desain produk, persyaratan pemasok dan program penjangkauan komunitas konsumen.
c. Membantu membangun dunia lebih bersih, aman dan mencerdaskan seluruh aspek social dalam komuniti yang lebih luas dan mendunia
Misi Perusahaan
Salah
satu misi samsung adalah menjadi penyedia produk-produk consumer electronic
berbasis jejaring yang mendunia dan terdepan. Dan memantapkan Samsung sebagai
merek yang paling menarik dan inovatif dalam industry elektronik . kegiatan
operasionalnya adalah untuk memperoleh keuntungan maksimum dari
penjualan-penjualannya dan sebagai perusahaan yang alat-alat elektroniknya
digunakan oleh masyarakat umum.
Tujuan Perusahaan Tujuan kami adalah mengembangkan
teknologi yang inovatif dan proses efisien yang menciptakan pasar baru,
memperkaya hidup semua orang, dan terus menjadikan Samsung sebagai pemimpin
digital yang terpercaya.
Kesimpulan
Samsung
didukung oleh fitur-fitur yang sangat canggih dan banyak disukai orang yang
berbisnis,bos-bos besar dan kalangan lainnya bukan itu saja Samsung juga Resolusinya menjanjikan tampilan gambar yang sangat jernih, 1920
x 1080 pixel. DLL
No comments:
Post a Comment